PENANGKARAN BUAYA TERITIP BALIKPAPAN MENJADI TEMPAT WISATA

Penangkaran Buaya Teritip Balikpapan patut anda coba kunjungi. Meskipun tempat ini terlihat bagi agak menyeramkan bagi sebagian orang,tapi ternyata banyak juga wisatawan – wisatawan lokal maupun asing yang datang berkunjung.

 

PENANGKARAN BUAYA TERITIP BALIKPAPAN MENJADI TEMPAT WISATA

 

Penangkaran Buaya Teritip berada di kelurahan Teritip,dengan luas areal 5ha,Penangkaran Buaya Teritip ternyata merupakan penangkaran buaya terbesar di Kalimantan Timur. Lokasinya tak jauh dari Pantai Manggar, yang menjadi salah satu obyek wisata yang paling diminati di Balikpapan dan berjarak sekitar 28 kilometer dari pusat kota Balikpapan. Sejak tahun 1993 Penangkaran Buaya Teritip dikelola oleh pihak swasta yaitu CV. Surya Raya.

 

Penangkaran Buaya Teritip memiliki lebih dari  ribuan ekor buaya yang disana, terdiri dari buaya muara (Crocodylus porosus) yang paling banyak dan dua jenis buaya yang sudah jarang ditemui, yaitu buaya air tawar dengan nama latinCrocodylus siamensis dan buaya supit dengan nama latin Tomistoma segellly. Buaya disini dikelompokkan di kandang –kandang berdasarkan 4 jenis kategori yaitu, kandang untuk anak buaya, kandang untuk menimbang berat badan buaya, kandang untuk buaya muda, dan kandang untuk buaya dewasa.

 

Sejauh ini persepsi mengenai buaya adalah hewan yang berbahaya dan buas. Di Penangkaran Buaya Teritip, pengunjung bisa mengamati pergerakan buaya secara dekat tetapi tetap aman. Pengunjung biasanya memberikan makan dengan ikan atau ayam hidup kepada buaya yang ada. Moment yang paling menarik adalah saat buaya itu saling berebut satu sama lain untuk mendapatkan makanan dari pengunjung. Buaya disini hanya diberi makan selama dua kali dalam 7 hari tetapi pengunjung bisa memberikan makanan sendiri dengan membeli ayam ke pengelola penangkaran.

 

Saat ini tidak hanya bisa melihat buaya tetapi pengunjung Penangkaran Buaya Teritip juga bisa melihat dan berinteraksi dengan hewan lain seperti menaiki gajah Lampung serta melihat ular dan monyet yang ada di kawasan penangkaran ini. Untuk urusan oleh- oleh kita dapat membeli berbagai macam suvenir berbentuk buaya.

 

Jika ingin menikmati makanan yang asing disekitar kita, di Penangkaran Buaya Teritip kita bisa membeli sate buaya. Sate buaya banyak memiliki keunggulan atau khasiat bagi kesehatan. Alat kelamin buaya atau yang biasa dikenal dengan istilah tangkur juga dijual disini. Tetapi semua itu hanya ada di akhir pekan atau hari libur. harga tiket masuk ke Penangkaran Buaya Teritip Rp 10.000,- per orang. Penangkaran Buaya Teritip buka setiap harinya mulai pukul 08.00 – 17.00 WITA.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama