10 OBJEK WISATA DI PADANG YANG MENARIK DAN WAJIB DIKUNJUNGI

Kota Padang yaitu  ibukota dari provinsi Sumatera Barat. Terkenal dengan cerita Malin Kundangnya yang melegenda, membuat kota Padang selalu ramai di kunjungi wisatawan yang penasaran dengan batu Malin Kundang tersebut. Selain itu Padang juga identik dengan Wisata Kulinernya. Disini kamu dapat menemukan makanan khas Minang yang sering kamu jumpai seperti Nasi Padang dan Sate Padang.

 

10 OBJEK WISATA DI PADANG YANG MENARIK DAN WAJIB DIKUNJUNGI

 

Selain terkenal dengan legenda Malin Kundang dan Wisata Kulinernya, ternyata Padang juga memiliki beberapa objek wisata menarik yang dapat kamu kunjungi. Dari beberapa objek wisata yang ada, Wisataonesia coba rangkum buat kamu 10 Objek wisata menarik yang wajib dikunjungi apabila berlibur ke Padang.

 

1. Pantai Air Manis

Pantai Aie Mani atau pantai Air Manis merupakan objek wisata yang terkenal dan menarik untuk dikunjungi. Berlokasi di Kel. Aie Mani, Kec. Padang Selatan, Padang. Pantai ini terkenal dengan legenda Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu karena durhaka kepada ibunya. Batu tersebut menyerupai orang yang sedang bersujud. Selain itu pantai ini juga menawarkan pemandangan yang indah dengan latar gunung Padang. Ombak pantai ini juga tidak terlalu besar, sehingga aman bagi wisatawan.

 

2. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana merupakan objek wisata alam di Padang yang selanjutnya dapat kamu kunjungi. Terletak di jalan Raya Padang Painan, Teluk Bayur, Padang Selatan, Kota Padang. Objek wisata yang tidak jauh dari kota Padang ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah pada sore hari, karena kamu dapat menyaksikan sunset dengan pemandangan lampu sorot dari pelabuhan Teluk Buyur.

 

3. Danau Singkarak

Danau Singkarak merupakan danau terbesar di Sumatera Barat. Terletak di Kabupaten Solok dan Tanah Datar atau sekitar 70 Km dari kota Padang. Objek wisata ini wajib kamu kunjungi apabila berlibur ke Padang. Danau ini cukup terkenal karena sering diadakan event besar seperti Tour de Singkarak. Disekitar danau terdapat beberapa tempat untuk beristirahat dan bersantai sembari menikmati keindahan dan panorama danau Singkarak. Selain itu tersedia juga berbagai fasilitas seperti sampan, boat dan hotel.

 

 

 

4. Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan danau terbesar ke dua di Sumatera Barat setelah danau Singkarak. Berlokasi di Kec. Tanjung Raya, Kab. Agam. Danau ini juga tak kalah indah dari danau lainnya yang ada di Sumbar. Selain itu disini kamu juga dapat berenang atau bermain sepeda air sembari menikmati keindahan danaunya. Bagi kamu yang ingin bermalam, disini juga terdapat homestay dan hotel yang siap kamu tempati.

 

5. Danau Kembar

Danau lainnya yang menarik untuk dikunjungi adalah danau Kembar. Berlokasi di Ds. Pasar Simpang, Kec. Lembayang Jaya, Kab. Solok. Disebut kembar karena danau ini memiliki karakteristik yang sama dan juga letaknya yang berdekatan, dimana yang satu di atas dan satu di bawah. Ada yang unik ketika kamu berkunjung kesini, untuk mencapai danau di atas kamu harus melalui jalan yang menurun, begitu juga sebaliknya untuk menuju danau di bawah kamu justru harus melalui jalan yang menanjak.

 

6. Air Terjun Tiga Tingkat

Air Terjun Tiga Tingkat atau Air Terjun Tigo Tingkek merupakan objek wisata alam yang tersembunyi di Padang. Objek wisata ini masih sangat alami dan terjaga keasriannya. Terletak di Desa Koto Lubuk Hitam, Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang Selatan. Sesuai dengan namanya air terjun tersebut memiliki tiga tingkatan. Akses menuju tempat wisata ini terbilang cukup sulit, dikarenakan jalanan yang cukup terjal dan licin. Bagi kamu yang hobi petualangan mungkin kamu bisa mencoba menjelalah air terjun tersebut.

 

7. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak merupakan objek wisata di Padang yang cukup terkenal dan menarik untuk di kunjungi. Terletak di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Objek wisata berskala Internasional ini menyuguhkan keindahan alamnya yang sangat indah.  Fasilitas disini juga terbilang lengkap seperti Resort, Bungalow, hingga fasilitas penunjang untuk kegiatan Diving, Snorkeling, dan Fishing ada disini.

 

8. Lembah Anai

Objek wisata ini merupakan salah satu andalan pariwisata kota Padang. Berlokasi di jalan Singgalang, Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar. Tampak dari atas kamu dapat menyaksikan air terjun dengan ketinggian hampir 40 meter. Karena letaknya yang dikelilingi hutan tropis yang masih sangat asri, membuat tempat wisata satu ini sangat sejuk.

 

9. Instana Pagaruyung

Istana Pagaruyung merupakan peninggalan sejarah yang dulunya berfungsi sebagai kediaman Raja Minangkabau. Tempat ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Berlokasi di Kec. Tanjung Emas, Kab. Tanah Datar. Istana dengan arsitektur khas minangkabau yang dibangun di Batusangkar. Untuk  tempat wisata, Istana Pagaruyung menyuguhkan koleksi barang - barang bersejarah dari peninggalan kerajaan yang sampai saat ini masih terawat dengan baik.

 

10. Jam Gadang

Jam Gadang merupakan objek wisata yang terletak di kota Bukit Tinggi yang wajib kamu kunjungi apabila berlibur ke Padang. Rasanya belum lengkap kalau belum berkunjung ke objek wisata satu ini. Jam Gadang merupakan bangunan megah yang menjulang tinggi, beratapkan khas Minangkabau, jam gadang menjadi ikon kota Bukit Tinggi. Dibangun di atas bukit yang yang bernama Kandang Kerbau, dari atas puncak menaranya kamu dapat menyaksikan keindahan alam disekitar kota Bukit Tinggi dengan latar gunung Merapi, Gunung Singgalang, Gunung Sago dan Ngarai Sanok.

 

Demikian ulasan seputar objek wisata menarik yang wajib kamu kunjungi apabila berlibur ke Padang.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama